Perbedaan plak dan karang gigi dan 4 cara menghilangkannya

Perbedaan plak dan karang gigi, kalian sudah tau? Saya baru tau setelah saya punya anak ^^ Sebelumnya saya hanya tau istilah karang gigi saja, tidak tau adanya plak gigi. Karang gigi dan plak gigi ini sama-sama karena adanya sisa makanan yang menempel di gigi, namun ada perbedaannya. Nah yang belum tau, yuk baca tulisan saya berikut yang saya kutip dari opal dental Indonesia.

Perbedaan Plak dan Karang Gigi

Plak gigi merupakan biofilm atau kumpulan mikroorganisme yang membentuk lapisan tipis dan tidak berwarna pada permukaan gigi. Hal ini terjadi akibat sisa makanan atau minuman yang menempel di permukaan gigi bercampur dengan bakteri dan air liur. 

Bila dibiarkan, penumpukan plak gigi dapat menghasilkan asam yang berdampak pada perubahan warna gigi (menjadi putih kekuning-kuningan), menyebabkan bau mulut, serta, memperbesar risiko gigi berlubang, radang gusi (gingivitis), dan terbentuknya karang gigi. 

Karang gigi (dental calculus) merupakan plak yang mengeras dan menempel di permukaan gigi berkat bantuan saliva atau air liur dalam jangka waktu lama. Dilihat dari lokasinya, karang gigi terbagi menjadi dua macam, yakni karang gigi supragingival (terletak di atas gusi dan menyerupai kapur) dan karang gigi subgingival (di bawah gusi dan berwarna gelap). 

Karang gigi perlu segera dibersihkan. Sebab, jika dibiarkan, lambat laun dapat menimbulkan noda berwarna kuning, cokelat, hingga kehitaman di sepanjang garis gusi atau leher gigi, mengikis gigi, menyebabkan gigi tanggal, serta, memicu peradangan pada gusi (gingivitis).




Perbedaan plak dan karang gigi terletak pada konsistensinya. Sejatinya, plak merupakan lapisan tipis yang terbentuk dalam waktu 1-2 hari akibat kebiasaan malas membersihkan gigi. Sedangkan, karang gigi merupakan akumulasi plak yang menebal dan mengeras, serta berwarna kecokelatan. 

Dari sisi penanganan, plak gigi dapat dihilangkan dengan menyikat gigi secara rutin dan melakukan flossing. Namun, bila plak sudah berubah menjadi karang gigi, Anda butuh bantuan dokter untuk membersihkannya dikarenakan letaknya yang sulit dijangkau dengan cara pembersihan standar.

Perlu diperhatikan pula bahwa, karang gigi yang tidak segera ditangani dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan bakteri di mulut masuk ke aliran darah dan menyebabkan penyumbatan. 


4 Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Untuk mencegah dan menghilangkan plak dan karang gigi, kita bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan melakukan 4 hal ini:
  1. Rajin Menyikat Gigi
  2. Gunakan Teknik Menyikat Gigi yang Benar
  3. Flossing
  4. Scalling Gigi
Yuk jaga kesehatan gigi kita.. Gigi sehat, makan pun nyaman ;)

0 comments